5 Amalan untuk Menjemput Jodoh Segera Datang, Nomor 1 Perbanyak Sholawat

loading…

Kriteria ketika akan memilih jodoh yang kita idamkan, banyak dijelaskan dalam aturan syariat . Kriteria utama tentu saja harus taat kepada Allah Ta’ala dan Rasul-nya. Maka dalam memilih calon pasangan hidup, minimal harus terdapat satu syarat ini. Karena Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertaqwa.” (QS. Al Hujurat: 13)

Sedangkan takwa adalah menjaga diri dari azab Allah Ta’ala dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Maka hendaknya seorang muslim berjuang untuk mendapatkan calon pasangan yang paling mulia di sisi Allah, yaitu seorang yang taat kepada aturan agama.

Baca juga: Mengapa Jodoh Tak Kunjung Datang?

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam pun menganjurkan memilih istri yang baik agamanya,

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Pun demikian untuk seorang perempuan agar memilih laki-laki yang agama dan akhlaknya baik. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani}

Nah, agar segera mendapatkan jodoh idaman ini, adakah amalan yang harus dilakukan agar dimudahkan urusan jodoh tersebut? Ummi Fairuz Ar-Rabani, ustadzah yang juga istri Buya Yahya dari Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, menguraikannya sebagai berikut:

Hakikatnya jodoh itu sudah menjadi ketentuan Allah Subhanahu wa ta’ala. Ada empat perkara yang Allah tetapkan bagi seorang hambaNya yaitu: Ajalnya, amalan baik-buruk akhir kehidupannya, rezekinya dan jodohnya.

Baca Juga:  2 Doa yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada Ali bin Abi Thalib

Keempat perkara tersebut sudah termasuk ketentuan dari Allah SWT. Artinya dalam urusan jodoh, perbanyaklah berpasrah kepada Allah. Karena terkadang jika memang sudah jodohnya, tidak dikejar pun akan datang dengan sendirinya dan jika memang belum waktunya, biar pun keliling dunia maka tidak akan bertemu dengan sendirinya.

Lalu, amalan-amalan untuk mendapatkan jodoh pun di antaranya:
1. Perbanyak Shalawat
2. Perbanyak Istighfar
3. Perbaiki Akhlak dengan harapan agar Allah memilihkan pasangan yang baik
4. Perbanyak berkumpul di tempat-tempat saleh
5. Meminta petunjuk dengan orang-orang saleh dan mulia.

Sedangkan amalan yang mudah-mudah saja, perbanyak Shalawat. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ

Maknanya adalah “Shalawat itu akan mendatangkan Shalawat Allah kepadamu dan akan mengeluarkanmu dari kegelapan menuju kepada cahaya.” yang dimaksud dari hadist tersebut adalah jika seseorang mendapatkan kesusahan apapun jenisnya semoga dengan Shalawat yang dibacakan menjadi sebab kesusahannya diangkat, yang sakit menjadi sakitnya diangkat dan untuk yang belum memiliki jodoh menjadi sebab dipertemukannya jodoh. Membaca Shalawat pun bisa menjadikan kita semakin dekat dengan Nabi SAW dan juga titipkan setiap hajat didalamnya. Semoga apa yang kita baca menjadi sebab Allah pilihkan pasangan yang baik.

Baca juga: Inilah ‘Petunjuk’ Jodoh Kita Telah Mendekat!

Wallahu A’lam

(wid)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop