Anjuran Sholat 2 Rakaat Sebelum Maghrib untuk Berlindung dari Gangguan Setan

loading…

Waktu Maghrib mendapat perhatian khusus dari Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam, karena waktu tersebut adalah awal dimulainya malam dan pertanda mulai keluarnya bala tentara jin, yakni setan. Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah dua rakaat sebelum Maghrib sebagai penjaga diri dari gangguan setan.

Baca juga: Alasan Mengapa Anak-anak Dilarang Keluar Rumah Saat Maghrib

Dalam hadis disebutkan bahwa setan itu menyebar pada saat Maghrib dan malam hari. Dari Jabir bin ‘Abdillahradhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallambersabda.:

“Apabila datang gelap malam (sore hari dimulai saat maghrib ), maka halangilah anak-anakmu dari keluar rumah karena setan ketika itu berkeliaran.Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam (waktu Isya), maka lepaskanlah mereka lagi.Hendaklah kalian menutup pintu dan berdzikir kepada Allah karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maghrib adalah awal dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Artinya kejahatan malam hari apabila telah gelap, dan dari kejahatan waktu purnama apabila telah terbenam. Sehingga termasuk sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah memasukkan anak-anak (juga wanita) ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib. Termasuk sunnah juga adalah menutup pintu-pintu di awal waktu Maghrib sambil menyebut nama AllahTa’ala.

Dalam riwayat Muslim terdapat hadis :

“Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal Isya’ karena para setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal Isya’.”(HR. Muslim).

Dalam Al-Istidzkar, Imam ibnu ‘Abdil Barrrahimahullahmengatakan, bahwa hadis hadis Nabi Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam yang menyebutkan waspada terhadap awal waktu Maghrib terdapat perintah untuk menutup pintu-pintu rumah pada waktu malam hari dan hal ini merupakan suatu sunnah yang diperintahkan sebagai bentuk kebaikan bagi manusia dalam melawan setan dari jenis jin dan manusia.

Baca Juga:  Kisah Khalifah Al-Manshur Meminta 3 Ulama Menilai Dirinya

Karena itulah, Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan agar umat Islam melakukan sholat sunnah dua rakaat sebelum sholat Maghrib. Hal ini berdasarkan hadis Abdullah bin Mughaffal Al-Muzaniradhiyallahu ‘anhudari Nabishallallahu ‘alaihi wa sallambeliau mengatakan:“Sholatlah sebelum sholat Maghrib” hingga berucaptiga kali dan pada yang ketiga, beliau katakan,“bagi yang mau”karena tidak ingin kalau umatnya menjadikan hal itu sebagai suatu kebiasaan yang akan memberatkan.

Juga berdasarkan hadits Anasradhiyallahu ‘anhubahwa beliau mengatakan,“Sungguh aku melihat para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang senior saling berlomba mengejar tiang-tiang (untuk dijadikan tempat sholat) ketika masuk waktu Maghrib.”(HR. Bukhari).

Dari Anas bin Malikradhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan :

“Kami pernah tinggal di Madinah. Saat muadzin beradzan untuk sholat Maghrib, mereka (para sahabat senior) saling berlomba mencari tiang-tiang lalu mereka sholat dua rakaat dua rakaat sampai ada orang asing yang masuk masjid untuk sholat mengira bahwa sholat Maghrib sudah ditunaikan karena saking banyaknya yang melaksanakan sholat sunnah sebelum Maghrib.”(HR. Muslim).

Meski dianjurkan, yakni untuk melindungi dari datangnya gangguan setan di awal waktu malam, namun sholat dua rakaat sebelum Maghrib bukanlah sunnah yang sangat ditekankan (bukan sunnah muakadah), sebagaimana ditekankannya melaksanakan sholat sunnah rawatib. Sholat ini boleh ditinggalkan. Oleh karena itu, NabiShallallahu ‘Alaihi wa Sallam menegaskan tentang sholat dua rakaat sebelum Maghrib ini dengan kata-kata: “Bagi siapa yang mau”karena Rasulullah tidak ingin dianggap umatnya sebagai sunnah yang dikuatkan.

Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam hanya menganjurkan menjaga sholat sebelum Maghrib tersebut karena sesungguhnya setan atau bangsa setan berkeliaran dan ditakutkan terjadinya gangguan kepada manusia.

Baca juga: Nabi Isa AS Orang Pertama yang Dirikan Sholat Maghrib

Baca Juga:  10 Sahabat Nabi Muhammad Berkulit Hitam Selain Bilal

Wallahu A’lam

(wid)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop