Doa Penutup Majelis Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

loading…

Doa penutup majelis dikenal dengan istilah “doa kafaratul majelis” yang dibaca setiap selesai dari perkumpulan majelis. Doa ini memiliki fadhilah sebagai penambal kesalahan yang dilakukan dalam majelis baik majelis ilmu atau pengajian dzikir.

Majelis berasal dari Bahasa Arab “Majlis” (مَجْلِسٍ) yang artinya tempat duduk, tempat sidang, dewan dan taklim yang diartikan sebagai perkumpulan dalam rangka membahas, atau mendiskusikan sesuatu. Dengan demikian, Majlis Ta’lim artinya tempat perkumpulan membahas dan mengajarkan ilmu Islam.

Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW ketika menutup majelis ilmu. Doa ini sangat baik diamalkan bagi yang selesai menghadiri pertemuan di majelis.

Berikut Bacaan Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa Anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik.

Artinya: “Maha Suci Engkau Ya Allah, aku memujiMu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Rasulullah SAW bersabda: “Jika telah selesai suatu majelis zikir ataupun majelis ilmu, dan sebelum berdiri membaca lafaz ini, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa orang yang mengikuti majelis tersebut.” (HR At-Tirmidzi)

Doa lain yang dapat diamalkan ketika selesai dari Majelis ilmu dan dzikir sebagai berikut:

اللّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا تَحُوْلُ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعَاصِيْكَ، وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ، وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا. اللّهُمَّ مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا، وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا، وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا، وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا، وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِي دِيْنِنَا، وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا، وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Baca Juga:  Wajib Bersabar Menunggu Terkabulnya Doa

Allohummaqsim lanaa min khosy-yatika maa tahuulu bainanaa wa baina ma’aashiika wa min thoo-‘atika maa tuballighunaa bihii jannataka, wa minal yaqiini maa tuhawwinu bihii ‘alainaa mashoo-ibad dunyaa. Allohumma matti’naa bi asmaa-‘inaa wa abshoorinaa wa quwwatinaa maa ahyaitanaa waj’alhul waaritsa minnaa waj’al tsa’ronaa ‘alaa man zholamanaa wanshurnaa ‘alaa man ‘aadaanaa walaa taj’al mushiibatanaa fi diininaa walaa taj’alid dunyaa akbaro hamminaa walaa mablagha ‘ilminaa wa tusallith ‘alainaa man laa yarhamunaa.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah untuk kami bagian dari rasa takut kepada-Mu yang dapat menghalangi kami dari perbuatan maksiat (kepada-Mu). Jadikanlah untuk kami bagian dari ketaatan kepadamu yang dapat menyampaikan kami kepada surgamu. Jadikanlah untuk kami bagian dari rasa keyakinan yang dengannya Engkau meringankan kami dalam menghadapi musibah dunia. Ya Allah, berilah kenikmatan kepada kami dengan pendengaran, penglihatan, dan kekuatan kami selama Engkau menghidupkan kami, jadikanlah ia tetap ada pada kami, jadikanlah pembalasan kami kepada orang yang menzhalimi kami, berilah kami kemenangan atas orang yang memusuhi kami, janganlah Engkau jadikan musibah (yang menimpa) kami mempengaruhi agama kami, janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan terbesar dan puncak ilmu kami, dan janganlah Engkau jadikan orang yang tidak menyayangi kami (orang kafir dan orang zhalim) sebagai orang yang menguasai kami.” (HR At-Tirmidzi)

Baca Juga: 4 Doa Pembuka Majelis yang Bisa Diamalkan dengan Mudah

(rhs)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop