Hukum Bersedekah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

loading…

Umat muslim perlu mengetahui hukum bersedekah atas nama orang tua yang sudah meninggal. Mungkin banyak yang bertanya apakah bersedekah atas nama orangtua yang sudah meninggal itu dibolehkan atau tidak.

Sedekah sendiri merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan. Bersedekah untuk orang tua yang meninggal termasuk salah satu amalan baik. Hal ini diterangkan dalam rieayat berikut:

عَنِ اْبنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِىِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أُمِى تُوَفِيَتْ أَفَيَنْفَعُهَا أَنْ اَتَصَدَّقَ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ قَالَ فَإِنَّ لِى مِحْزفًا اُشْهِدُكَ إَِنِى تَصَدَّقْتُ بِهِاعَنْهَا (رواه البخارى والترمذي وأبو داود والنسائى)

“Dari sahabat Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa seseorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam. Dia berkata: “Ibu saya meninggal, Apakah ada manfaatnya apabila saya bersedekah untuk ibu saya?” Rasulullah SAW menjawab, “Ya, berguna bagi ibumu.” Lalu, orang itu berkata lagi, “Saya mempunyai sebuah kebun dan engkau Rasulullah aku jadikan saksi, bahwa aku telah menyedekahkan kebun itu untuk ibu saya.” (HR Al-Bukhari, Tirmidzi, Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Selain hadits di atas, ada juga riwayat lain yang menguatkan pandangan sedekah untuk orang tua yang sudah meninggal.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِىِ صلى الله عليه وسلم اِنَّ اُمِّى اُفْتُلِيَتْ (مَاتَتْ فُجْأَةً) وَأَرَا هَالَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ، فَهَلْ لَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا ؟ قَالَ : نَعَمْ. متفق عليه

“Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, seorang laki-laki berkata kepada Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam: “Ibu saya mati mendadak, dan saya yakin seandainya dia bisa bicara, dia bersedekah, apakah ibu saya mendapat pahala, seandainya saya bersedekah untuk ibu saya? Rasulullah lantas menjawab: “Ya, ada pahala bagi ibumu.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:  Bentuk Keberkahan Hidup yang Jarang Disadari

Berdasarkan hadis di atas dapat disimpulkan bahwa bersedekah untuk orang tua yang sudah meninggal hukumnya dibolehkan. Caranya pun hampir sama dengan sedekah pada umumnya, hanya saja niatkan sedekah tersebut untuk almarhum orang tua.

Lalu, sedekah apakah yang paling manfaat untuk orang yang sudah meninggal? Berikut pesan Rasulullah SAW:

صلى الله عليه وسلم: عن سعد رضي الله عنه انه سأل النبي صلى الله عليه وسلم وقال يا نبي الله ان امي قد افتلتت واعلم انها لو عاشت لتصدقت افإن تصدقت عنها ينفعها ذالك ؟ قال نعم فسأل النبي صلى الله عليه وسلم اي صدقة انفع يا رسول الله ؟ قال الماء فحفر بئرا وقال هذا لأم سعد

Dari Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya ia berkata kepada Nabi: “Ya Nabi Allah, sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia, dan aku mengetahui, andaikata ia hidup maka pasti bersedekah . Apakah jika saya bersedekah berguna untuknya?” Beliau menjawab: “Ya.” Kemudian ia bertanya kepada Nabi: ” Sedekah apa yang paling bermanfaat, Ya Rasulullah ? Beliau menjawab: “Air.” lalu ia membuat sumur, dan beliau bersabda: “Ini untuk ibu Sa’ad.” (HR Muslim)

7 Sedekah yang Terus Mengalir
Dalam riwayat disebutkan, ada tujuh pahala yang terus mengalir diterima seseorang selepas matinya, yaitu:
1. Orang yang mendirikan masjid, ia akan mendapat pahalanya selagi masjid itu digunakan orang untuk beramal di dalamnya.
2. Orang yang mengalirkan air sungai, maka ia mendapat pahala selagai ada orang memanfaatkan airnya.
3. Orang yang menulis mushaf Al-Qur’an akan mendapat pahala bagi orang yang membacanya.
4. Orang yang membuat sumur selagi ada orang yang menggunakannya.
5. Orang menanam tanaman selagi ada yang memakannya baik manusia ataupun burung.
6. Orang yang mengajarkan ilmu agama dan diamalkan oleh orang yang mempelajarinya.
7. Orang yang meninggalkan anak saleh yang senantiasa mendoakan orang tuanya dan beristighfar untuknya setelah wafat. Apabila anak diajarkan ilmu Al-Qur’an, maka orang yang mengajarnya akan mendapat pahala selagi anak itu mengamalkannya tanpa mengurangi pahala anak itu sendiri.

Baca Juga:  4 Cara Qatar Dakwahkan Islam di Piala Dunia 2022

Baca Juga: Sedekah Apakah Paling Manfaat untuk Orang yang Meninggal?

(rhs)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop