Hukum Mendengarkan Musik di Kamar Mandi, Bolehkah?

loading…

Hukum mendengarkan musik di kamar mandi perlu diketahui kaum muslim. Seperti kebiasaan banyak orang sering melakukan aktivitas di kamar mandi seperti bernyanyi atau mendengarkan musik.

Dai yang juga pengajar Rumah Fiqih, Ustaz Muhammad Abdul Wahab Lc dalam satu tausiyahnya mengatakan, kamar mandi atau WC adalah tempat yang digandrungi oleh setan. Dalam Hadis disebutkan, semua tempat-tempat najis (toilet) atau kotoran sangat disukai jin dan setan.

Dalam satu riwayat yang shahih disebutkan bahwa Iblis meminta tempat tinggal kepada Allah, selama berada di bumi. “Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal.” Lalu Allah berfirman: “Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi).” (HR Al-Bukhari)

Ustaz Abdul Wahab mengatakan, Iblis akan menggoda manusia untuk berlama-lama di kamar mandi sehingga dapat melalaikan seseorang. Orang yang mendengarkan musik atau menyanyi di kamar mandi bisa jadi ia telah digoda oleh setan.

Selain itu, orang yang berlama-lama di kamar mandi akan membuat boros air. Boros merupakan sifat yang tidak disukai Rasulullah SAW. Bahkan dalam Al-Qur’an disebutkan, orang yang boros adalah saudaranya setan.

Nabi Muhammad SAW itu kalau berwudhu sangat hemat air. Beliau berwudhu hanya memakai air satu Mud. Bahkan kata sahabat Abu Darda, berhemat-hematlah menggunakan air walupun kamu berada di sungai (dekat sungai).

Ustaz Abdul Wahab mengajak kaum muslim agar tidak berlama-lama di kamar mandi karena dapat melalaikan kewajiban apalagi sampai lupa waktu. Apabila ingin memasuki kamar mandi atau toilet, hendaknya berdoa seperti yang diajarkan Rasulullah SAW:

إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَة ٌ، فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْخَلَاءَ فَلْيَقُلْ : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Baca Juga:  Dinasti Ayyubiyah: Sejarah, Peradaban dan Keruntuhannya

Artinya: “Sesungguhnya tempat buang hajat, didatangi setan. Jika kalian masuk WC, maka ucapkanlah; A’uudzu billahi minal khubutsi wal khobaits (aku berlindung kepada Allah dari setan laki dan perempuan).” (HR Abu Dawud)

Baca Juga: Beberapa Adab Penting Ketika BAB di Kamar Mandi

(rhs)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop