Jawaban Bijak Saudara Nabi Yusuf Saat Dituduh Mencuri

loading…

Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Ada satu pelajaran berharga yang bisa kita petik dari ayat ini. Ketika saudara-saudara Nabi Yusuf ‘alaihissalam (putra-putra Nabi Yakub) dituduh mencuri, mereka menjawab dengan kalimat yang indah dan bijaksana.

Padahal ini hanya taktik cerdik Nabi Yusuf untuk memberi pelajaran kepada saudara-saudara yang pernah menzalimi beliau pada masa kecil.

Ketika hendak pulang ke Palestina, saudara-saudara Nabi Yusuf ditahan oleh pengawal karena tuduhan mencuri barang kerajaan. Berikut jawaban mereka dikisahkan dalam Surat Yusuf. Allah berfirman:

قَالُوْا وَاَقْبَلُوْا عَلَيْهِمْ مَّاذَا تَفْقِدُوْنَ

Artinya: “Mereka menjawab, sambil menghadap kepada penyeru-penyeru itu: “Barang apakah yang hilang dari kamu?” (QS Yusuf ayat 71)

Pesan dan Hikmah
1. Para saudara Nabi Yusuf terlihat tenang karena menang mereka merasa tidak ada sesuatu pun yang mengambil barang dari kerajaan. Yang ada padanya hanya barang makanan yang telah diberikan saja. Mereka tidak bertanya “Apa yang telah kami curi”. Akan tetapi mereka bertanya: “Barang apakah yang hilang dari kamu?”.

2. Di sini kita diajarkan bagaimana saat menghadapi tuduhan atau fitnah terhadap hal yang tidak pernah kita lakukan sama sekali untuk tetap tenang dan menyikapinya dengan baik, santun dan tegas. Jangan memperkeruh dengan kata dan aksi yang justru membuat gaduh dan carut marut keadaan.

(bersambung)!

Baca Juga: Surat Yusuf Ayat 70: Siasat Cerdik Nabi Yusuf Menahan Saudara-saudaranya

Surat Yusuf Ayat 71: Jawaban Bijak Saudara Nabi Yusuf Saat Dituduh Mencuri

(rhs)

Source link

Baca Juga:  Benarkan Pintu Ijtihad Sudah Dikunci? Begini Penjelasan Prof Ibrahim Hosen

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop