Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah 3 Kali Hingga 41 Kali

loading…

Surat Al Waqiah merupakan surat ke 56 dalam Al Quran yang terdiri dari 96 ayat dan termasuk surat Makiyah. Terdapat keutamaan bagi yang membacanya sebanyak 3 kali, 7 kali atau 41 kali. Membaca surat Al Waqiah dengan cara tersebut merupakan sebuah cara kita sebagai hamba untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu salah satu manfaat terbesarnya adalah dijauhkan dari kemiskinan.

Dalam sebuah riwayat yang disampaikan oleh Imam Al-Ghazali dalam Fath Al-Qadir:

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﻌﺘﺎﺩ ﺃﻭﻟﻴﺎﺅﻧﺎ ﻣﻦ ﻗﺮاءﺓ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ اﻟﻌﺴﺮﺓ

Artinya : “Wali-wali kita membiasakan membaca surat Waqiah di hari-hari yang sulit” (Fath Qadir, 6/201).

Baca juga: Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah Lengkap

Selain itu terdapat pula sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

Artinya : “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

Kemudian dalam riwayat lainnya mengisahkan tentang Ibnu Mas’ud pernah menolak pemberian uang dari Sayyidina Utsman.

Sahabat tersebut mengungkapkan : “Saya telah mengajarkan sesuatu pada mereka, jika mereka membacanya tidak akan miskin. Saya mendengar Nabi SAW bersabda: Barang siapa membaca Surat Waqiah tiap malam maka ia tidak akan miskin” (HR Al Baihaqi), Imam Al-Baihaqi berkata: “Ibnu Mas’ud menyuruh anak-anak perempuannya membaca surat Waqiah tiap malam” (Syuabul Iman) .

Membaca surat Al Waqiah ini tidak hanya dianjurkan untuk orang dewasa saja namun juga terdapat anjuran untuk mengajarkannya pada anak anak sejak dini, seperti dalam riwayat berikut :

سُوْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ

Artinya : “Surat Al Waqiah adalah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surat Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anakmu.”

Baca Juga:  Allah Tak Dapat Dicapai Oleh Penglihatan Mata

Kemudian untuk membacanya ini dianjurkan rutin, diperbolehkan untuk membacanya 3 kali sehari, setelah sholat subuh, 7 kali sehari setelah sholat fardhu, bahkan dibaca secara konsisten 40 hari, maka Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberinya pahala luar biasa.

Surat Waqiah juga sebaiknya dibaca secara istiqomah atau rutin setiap malam selama minimal 3 tahun dan atau selamanya. Cara ini diyakini akan mendatangkan balasan berupa kekayaan berlimpah berkah dan hati yang dermawan.

Itulah keutamaan luar biasa yang bisa didapat dengan membaca surat Al Waqiah. Salah satu cara agar rezeki yang kita dapat selalu melimpah juga dengan cara selalu bersyukur dan merasa cukup atas segala pemberian Allah SWT.

Karena pada umumnya rezeki dari Allah SWT bukan hanya berupa harta saja. Bisa berupa nikmat sehat, keluarga, sahabat, maupun pasangan dan anak, yang terkadang luput untuk umat Islam.

Baca juga: Inilah Manfaat Surat Al-Waqiah jika Dibaca Rutin

Wallahu A’lam

(wid)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop