Kisah Khusyuknya Ulama Saat Sholat, Ada yang Disengat Lebah Hingga Diganggu Ular

loading…

Sungguh beruntung orang-orang beriman yang khusyuk dalam sholatnya. Selain khusyuk, mereka juga memelihara sholatnya. Allah pun berjanji dalam Surat Al-Mu’minun ayat 1-11 kelak mereka akan mewarisi Surga Firdaus.

Para ulama saleh terdahulu, sholat merupakan hal paling berharga sehingga mereka tidak pernah menganggap remeh ibadah yang satu ini. Ketika mendirikan sholat, mereka benar-benar khusyuk.

Pengasuh Ma’had Subuluna Bontang Kalimantan Timur, Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya menceritakan kisah para Ulama yang khusyuk dalam sholatnya. Semoga kisah ini menjadi motivasi bagi kita agar khusyuk dalam sholat.

1. Abu Abdullah Al-Marwazi Tetap Sholat Meski Disengat Kumbang
Abu Abdullah Al-Marwazi sedang mengerjakan sholat, lalu seekor kumbang penyengat yang sangat besar menyengat dahinya hingga darah mengalir ke wajahnya. Namun ia tidak bergerak sama sekali.

2. Syaikh Manshur bin Al-Mustamir Sholat Seperti Tiang Saking Lamanya
Syaikh Manshur bin Al-Mustamir biasa mengerjakan sholat malam di atas atap rumahnya ketika orang-orang sudah banyak terlelap. Namun ia memiliki tetangga yakni anak gadis dan ibunya yang setiap malam naik ke atap rumah untuk berbincang-bincang.

Jarak rumah tetangga itu tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh, namun karena kondisi gelap anak gadis itu hanya melihat benda yang berdiri tegak di atap rumah Manshur. Karena penasaran dengan sesuatu yang ia lihat, gadis itu bertanya kepada ibunya: “Wahai ibu, apa fungsinya tiang yang aku saksikan berada di atas atap si fulan itu?”

Sang ibu menjawab: “Wahai anakku, itu bukan tiang. Itu adalah Syaikh Manshur bin Mustamir yang biasa sholat semalaman suntuk hanya dengan satu rakaat.”

3. Imam Al-Bukhari Tetap Sholat Meski Disengat Lebah
Imam Al-Bukhari mengerjakan sholat sunnah bakda Dzuhur, setelah sekian waktu mengerjakan sholat. Seseorang mendengar ada sesuatu yang mendengung di bawah jubahnya.

Baca Juga:  Nabi Yakub Kehilangan Penglihatan karena Sedih Terus Menerus

Ketika diperiksa ternyata di balik kainnya ada seekor lebah dan terlihat bekas sengatan di kulit sang imam sebanyak 16 atau 17 sengatan yang menyebabkan bengkak di sekelilingnya.

Seorang dari sahabat Imam Al-Bukhari pun berkata kepadanya: “Mengapa engkau tidak membatalkan saja sholatmu ketika awal disengat?” Imam Bukhari pun menjawab: “Aku sedang membaca surat, dan aku menginginkan untuk menyempurnakannya.”

4. Imam Rabi’ bin Khutsaim Sholat Dihinggapi Burung
Imam Rabi’ bin Khutsaim apabila sedang sujud dalam sholatnya ia seperti pakaian yang sedang teronggok, hingga datanglah burung-burung dan hinggap di badannya.”

5. Urwah bin Zubeir Jadikan Sholat sebagai Obat Bius Saat Kakinya Diamputasi
Urwah bin Zubeir terkena penyakit yang mengharuskan kakinya diamputasi. Dokter menyarankan agar ia meminum khamr yang berfungsi sebagai obat bius agar tidak merasakan sakit. Urwah menolak. Ia meminta kakinya dipotong saat ia sedang mengerjakan sholat. Dan ketika ia sedang dalam posisi sujud, operasi dilakukan. Kakinya diamputasi dengan cara digergaji, namun sedikitpun ia tidak bergerak dari sujudnya.

6. Amir bin Abdillah Sholat Bersama Ular
Saat Amir bin Abdillah mengerjakan sholat, seekor ular masuk ke tubuhnya lewat lengan bajunya. Ular itu berada di dalam tubuhnya untuk beberapa waktu, namun tidak sampai menyelakainnya, lalu keluar lewat saku bajunya.

Orang-orang yang melihat kejadian itu bertanya kepadanya: “Mengapa engkau tidak mengibaskan atau mengusir ular itu darimu?” Ia hanya menjawab: “Aku malu kepada Allah, jika aku sampai takut kepada selain Dia”.

7. Sahabat Abd bin Bisyr Sholat Dihujam Anak Panah
Rasulullah ﷺ pernah memerintahkan Abd bin Bisyr untuk berjaga di sebuah lembah bersama dua sahabat lainnya. Saat tiba giliran jaganya, ia mengerjakan sholat. Dan kala itu ada musuh yang mengendap-endap lalu menembakinya dengan beberapa anak panah.

Baca Juga:  Rasa Bahagia Saat Berpuasa yang Jarang Disadari

Saat anak panah pertama mengenai tubuhnya, ia mencabut lalu membuangnya dan tetap melanjutkan sholat. Begitu juga dengan panah kedua dan ketiga. Sampai setelah beberapa anak panah mengenainya. Ia pun mempercepat sholatnya dan segera membangunkan dua sahabat lainnya.

Tentu saja mereka terkejut melihat Bisyr telah berlumuran darah. Mereka mempertanyakan mengapa tidak membangunkan mereka lebih awal. Ia hanya menjawab: “Aku sedang membaca surah Al-Kahfi dalam sholatku dan telah memendekkannya. Demi Allah, andai saja aku tidak mengkhawatirkan lembah ini untuk dijaga sebagaimana telah diperintahkan Rasulullah, aku tidak akan menyelesaikan sholatku sebelum membaca Surat Al-Kahfi seluruhnya.”

“Sekarang mari kita bandingkan dengan sholat kita hari ini,” kata Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.

Semoga kisah di atas menjadi pelajaran berharga bagi kita agar tidak lalai dalam sholat. Aamin.

Referensi:
1. Shifat Ash Shafwah (3/39-113)
2. Siyar (12/442)

Baca Juga: Kisah Syaikh Zakaria Al-Anshari Tetap Sholat Berdiri Meski Berusia 100 Tahun

(rhs)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop