Kisah Ulama Syam yang Membuat Ratusan Wanita PSK Bertobat

loading…

Ulama terbaik Syam, Al-Muhaddis As-Sayyid Syaikh Badruddin Al-Hasani punya kisah unik saat mengemban dakwah di Suriah. Ratusan wanita PSK bertobat berkat dakwahnya.

Syaikh Badruddin Al-Hasani (wafat 1354 H) adalah ulama Ahli Hadis dan Ahli fiqih di negeri Syam pernah meminta doa kepada ratusan wanita pekerja seks komersial (PSK). Dikutip dari “Muhadditsu Assyam As-Syaid Baduruddin Al-Hasani”, suatu hari beliau mendengar di pinggiran Kota Damaskus berdiri tempat pelacuran yang tersebar di tengah masyarakat.

Syaikh Badruddin lalu menyuruh murid kesayangannya, Syaikh Yahya yang kala itu sudah berumur 60 tahun untuk memberikan uang dan hadiah kepada para PSK tersebut. “Datangi tempat itu, temui ketuanya dan bawa uang ini. Sampaikan salamku pada mereka dan katakan bahwa aku meminta mereka mendoakan diriku,” kata beliau sembari memberi uang Dinas emas yang jumlahnya banyak sekali.

Bukan main kagetnya Syaikh Yahya menerima perintah gurunya ini. Namun karena adab, beliau tetap melaksanakan tugas itu tanpa sedikit pun bertanya. Syaikh Yahya lalu mendatangi tempat pelacuran dan membagikan uang kepada mereka sambil berkata: “Guruku Sayyid Badruddin menyampaikan salam kepada kalian dan meminta kalian untuk mendoakan beliau.”

Para PSK itu kaget luar biasa. Salah seorang dari mereka berkata: “Bagaimana mungkin ulama yang alim seperti beliau meminta doa dari kami?”

“Aku mendengar para PSK itu berteriak menangis dan bertaubat kepada Allah,” kata Syaikh Yahya.

Setelah kejadian itu, para PSK itu datang berbondong-bondong ke masjid tempat Sayyid Badruddin mengajar. Mereka pun bertaubat hingga dan berubah wanita terhormat.

Untuk diketahui, Syaikh Badrudin Al-Hasani bergelar Khatamul Huffaz Wal Muhadditsin (penutup para Huffaz dan Muhaddits) merupakan guru-guru ulama negeri Syam saat ini. Beliau menguasai berbagai macam ilmu, khususnya ilmu tafsir dan Hadits. Beliau hafal enam kitab induk Hadits lengkap dengan syarah dan nama-nama perawinya.

Baca Juga:  4 Masjid yang Ada di Sekitar Masjid Nabawi

Beliau mengajar di Masjid Umawi, Damaskus Suriah. Mulai dari ilmu tafsir, Hadits, Fiqih, dan disiplin ilmu lainnya diajarkan kepada semua kalangan seperti pejabat pemerintah hingga masyarakat awam. Semuanya saling menunggu giliran mendengar majelis beliau sesuai tingkatannya masing-masing.

Ketika berumur 30 tahun, Syaikh Badruddin Al-Hasani mulai mengajar Sahih Al-Bukhari di Masjid Al-Sadat. Ini dilakukan beliau tanpa melihat kitab sedikitpun. Beliau menghafal keseluruhan Sahih Bukhari di dalam dadanya. Menurut para ulama tidak pernah dilihat seseorang yang begitu alim menyampaikan pengajian dengan seluruh bidang ilmu seperti Syaikh Badruddin Al-Hasani rahimahullah.

Cara beliau berdakwah patut jadi teladan betapa kealimannya tidak lantas membuatnya sombong dan berbangga diri. Kemurahan hatinya menjadi asbab bagi ratusan wanita PSK kembali ke jalan Allah.

Baca Juga: Kisah Ulama Mengislamkan 200 Orang dan Membuat 200 Ribu Orang Bertobat

(rhs)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop