sedekah kendal

Bukan Alam Yang Mengatur, Allah Yang Mengatur

Ada orang yang bilang, “Jangan minta dunia lah sama Allah”. Pemikiran yang kayak gini nih yang bikin orang-orang yang pengen dunia tambah-tambah ga bawa keinginannya ke Allah. Tolong jangan jauhkan pecinta dunia dari Allah, kalau memang mereka mau dunia, dekatkan mereka dengan Yang Punya Dunia. Jangan melarang. Kita tinggal mengarahkan mereka agar membalut keinginan dunia …

Bukan Alam Yang Mengatur, Allah Yang Mengatur Read More »

KISAH BERTEMUNYA SAHABAT DENGAN SANG PENGEMIS

KISAH ini datangnya dari seorang sahabat. Sang sahabat tersebut merasa bersyukur setelah bertemu sang pengemis ini. Sang sahabat yang bernama Budiman menceritakan awal kisahnya bertemu dengan sang pengemis yang membuat ‘tamparan’ pada hatinya hingga tersadar dan akhirnya bersyukur kepada Allah SWT. Dikutip melalui laman kabarmakkah, Budiman yang menceritkan kisahnya itu, berawal pada suatu sore ia menemani …

KISAH BERTEMUNYA SAHABAT DENGAN SANG PENGEMIS Read More »

Niat dan Doa

Ada beda antara niat dan doa. Doa mah boleh banget. Ama siapa lagi berdoa kalo bukan kepada Allah? Tinggal sabarnya aja. Jangan ampe gegara Allah belom kabulkan, lalu kesimpulannya: “Tuh kan? Emang ga boleh ngarep sama Allah…” Ini kesimpulan yang ga bener. Terus aja doa. Nabi Zakaria as dikisahkan ga pernah putus asa. Lihat awal-awal …

Niat dan Doa Read More »

Nabung ILmu

Salah satu tabungan yang bisa mempercepat kita menuju kesuksesan adalah nabung ilmu. Latih otak Saudara. Kalau otak Saudara ga dilatih dengan nabung ilmu, maka otak Saudara akan tumpul. Saya Yusuf Mansur, atas izin Allah SWT, dari kecil udah nabung ilmu, buku-buku itu ga nunggu selesai semesteran, saya langsung selesaikan. Jadi, begitu tiba ujian, udah ga …

Nabung ILmu Read More »

Mengkoneksikan Diri Dengan Ilmu

Koneksiin diri dan keluarga dengan ilmu. Dan sekalinya mengoneksikan diri dengan ilmu, sekalian dengan úluumul qurán. Ilmu-ilmu yang terkait dengan qurán. Saya ada sedikit resep: Afalin 1 ayat, plus artinya. Sambil dicatat-catat. Maka masuklah pada kondisi: nuntut ilmu. Bukan cuma berkeluarga, kerja, usaha, dan beraktivitas sehari-hari. Pada kondisi kita terkoneksi dengan ilmu, maka bila kita …

Mengkoneksikan Diri Dengan Ilmu Read More »

Doa Agar Bisa Berangkat Ke Tanah Suci

Assalamualaykum Sahabat-sahabat, saya ingin ngajarin doa agar bisa berangkat ke tanah suci tiap tahun. Ini yang kemudian diajarkan dan saya dengar dari guru saya, dan banyak yang mempraktikannya dan berhasil. Allohummarzuqna ziarota baitikal mu’adzdzom warosulikal mukarrom fi hadzal’am wafi kulli ‘am biahsanilhaq..Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin “Ya Allah beri aku rizki untuk dapat berkunjung ke rumah-Mu …

Doa Agar Bisa Berangkat Ke Tanah Suci Read More »

Menolong Yang Susah Hingga Faedah Menuntut Ilmu

Ini faedah dari menolong yang susah hingga menuntut ilmu agama. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang meringankan kesusahan dunia saudaranya, Allah akan mengangkat kesulitannya pada hari kiamat. Siapa yang memberikan kemudahan bagi orang yang susah, Allah akan memberikan kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Siapa yang menutup aib …

Menolong Yang Susah Hingga Faedah Menuntut Ilmu Read More »

Pernah Amalkan Tidur Qailulah dan Tahu Manfaatnya?

Pernahkah di antara kita yang mengamalkan tidur qailulah dan mengetahui manfaatnya? Coba perhatikan ayat berikut, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مِنْ قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ …

Pernah Amalkan Tidur Qailulah dan Tahu Manfaatnya? Read More »

Bekal Yang Sia-Sia

Ibnul Qayyim memberikan nasehat yang sangat indah, العَمَلُ بِغَيْرِ اِخْلاَصٍ وَلاَ اِقْتِدَاءٍ كَالمُسَافِرِ يَمْلَأُ جِرَابُهُ رَمْلاً يُثْقِلُهُ وَلَا يَنْفَعُهُ “Amalan yang dilakukan tanpa disertai ikhlas dan tanpa mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagaikan seorang musafir yang membawa ransel berisi pasir. Bekal pada ransel tersebut hanya memberatkan, namun tidak membawa manfaat apa-apa.” (Al-Fawa’id, hlm. 81) …

Bekal Yang Sia-Sia Read More »

Alloh Maha Mengetahui

Alhamdulillah. Tak ada yang pantas untuk disembah, selain Alloh. Tak ada yang patut dimintai pertolongan, selain Alloh. Dan tak ada yang layak dijadikan tempat bersandar, selain Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw. Di dalam Al Quran, kurang lebih terdapat 150 kali disebutkan kalimat yang berkaitan dengan Alloh Maha …

Alloh Maha Mengetahui Read More »

Translate »