sedekah

KISAH BERTEMUNYA SAHABAT DENGAN SANG PENGEMIS

KISAH ini datangnya dari seorang sahabat. Sang sahabat tersebut merasa bersyukur setelah bertemu sang pengemis ini. Sang sahabat yang bernama Budiman menceritakan awal kisahnya bertemu dengan sang pengemis yang membuat ‘tamparan’ pada hatinya hingga tersadar dan akhirnya bersyukur kepada Allah SWT. Dikutip melalui laman kabarmakkah, Budiman yang menceritkan kisahnya itu, berawal pada suatu sore ia menemani …

KISAH BERTEMUNYA SAHABAT DENGAN SANG PENGEMIS Read More »

Niat dan Doa

Ada beda antara niat dan doa. Doa mah boleh banget. Ama siapa lagi berdoa kalo bukan kepada Allah? Tinggal sabarnya aja. Jangan ampe gegara Allah belom kabulkan, lalu kesimpulannya: “Tuh kan? Emang ga boleh ngarep sama Allah…” Ini kesimpulan yang ga bener. Terus aja doa. Nabi Zakaria as dikisahkan ga pernah putus asa. Lihat awal-awal …

Niat dan Doa Read More »

Mengkoneksikan Diri Dengan Ilmu

Koneksiin diri dan keluarga dengan ilmu. Dan sekalinya mengoneksikan diri dengan ilmu, sekalian dengan úluumul qurán. Ilmu-ilmu yang terkait dengan qurán. Saya ada sedikit resep: Afalin 1 ayat, plus artinya. Sambil dicatat-catat. Maka masuklah pada kondisi: nuntut ilmu. Bukan cuma berkeluarga, kerja, usaha, dan beraktivitas sehari-hari. Pada kondisi kita terkoneksi dengan ilmu, maka bila kita …

Mengkoneksikan Diri Dengan Ilmu Read More »

Doa Agar Bisa Berangkat Ke Tanah Suci

Assalamualaykum Sahabat-sahabat, saya ingin ngajarin doa agar bisa berangkat ke tanah suci tiap tahun. Ini yang kemudian diajarkan dan saya dengar dari guru saya, dan banyak yang mempraktikannya dan berhasil. Allohummarzuqna ziarota baitikal mu’adzdzom warosulikal mukarrom fi hadzal’am wafi kulli ‘am biahsanilhaq..Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin “Ya Allah beri aku rizki untuk dapat berkunjung ke rumah-Mu …

Doa Agar Bisa Berangkat Ke Tanah Suci Read More »

SEBAB-SEBAB TURUNNYA REZEKI

Akhir-akhir ini banyak orang yang mengeluhkan masalah penghasilan atau rizki, entah karena merasa kurang banyak atau karena kurang berkah. Begitu pula berbagai problem kehidupan, mengatur pengeluaran dan kebutuhan serta bermacam-macam tuntutannya. Sehingga masalah penghasilan ini menjadi sesuatu yang menyibukkan, bahkan membuat bingung dan stress sebagian orang. Maka tak jarang di antara mereka ada yang mengambil …

SEBAB-SEBAB TURUNNYA REZEKI Read More »

KEDERMAWANAN RASULULLAH DENGAN BERSEDEKAH

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kondisi beliau paling dermawan adalah di bulan Ramadhan di saat bertemu Jibril ‘Alaihis salam, di mana Jibril ‘alaihis salam sering bertemu beliau pada setiap malam dari bulan Ramadhan, lalu Jibril mengajarkannya al-Qur`an, dan sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah …

KEDERMAWANAN RASULULLAH DENGAN BERSEDEKAH Read More »

Bekal Yang Sia-Sia

Ibnul Qayyim memberikan nasehat yang sangat indah, العَمَلُ بِغَيْرِ اِخْلاَصٍ وَلاَ اِقْتِدَاءٍ كَالمُسَافِرِ يَمْلَأُ جِرَابُهُ رَمْلاً يُثْقِلُهُ وَلَا يَنْفَعُهُ “Amalan yang dilakukan tanpa disertai ikhlas dan tanpa mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagaikan seorang musafir yang membawa ransel berisi pasir. Bekal pada ransel tersebut hanya memberatkan, namun tidak membawa manfaat apa-apa.” (Al-Fawa’id, hlm. 81) …

Bekal Yang Sia-Sia Read More »

Alloh Maha Mengetahui

Alhamdulillah. Tak ada yang pantas untuk disembah, selain Alloh. Tak ada yang patut dimintai pertolongan, selain Alloh. Dan tak ada yang layak dijadikan tempat bersandar, selain Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw. Di dalam Al Quran, kurang lebih terdapat 150 kali disebutkan kalimat yang berkaitan dengan Alloh Maha …

Alloh Maha Mengetahui Read More »

Biarlah Kelelahan itu Lelah Mengejarmu

Ada 8 kelelahan yang disukai Allah SWT dan RasulNya : Lelah dalam berjihad di jalan-Nya (QS. 9:111) Lelah dalam berda’wah/mengajak kepada kebaikan (QS.41:33) Lelah dalam beribadah dan beramal sholeh (QS.29:69) Lelah mengandung, melahirkan, menyusui. merawat dan mendidik putra/putri amanah Illahi (QS. 31:14) Lelah dalam mencari nafkah halal (QS. 62:10) Lelah mengurus keluarga (QS. 66:6) Lelah …

Biarlah Kelelahan itu Lelah Mengejarmu Read More »

Translate »