TOLONGLAH YANG DI BUMI MAKA AKAN DI TOLONG YANG DI LANGIT

TOLONGLAH YANG DI BUMI MAKA AKAN DI TOLONG YANG DI LANGIT. Pernahkah suatu ketika ke gerai  ATM dan mengecek ATM ternyata ada transferan yang nda tahu dari mana asalnya? Atau mungkin tiba tiba ada yang mengasih sekuintal beras, disaat kondisi lagi benar benar membutuhkan?

Itulah pertolongan Allah, keajaiban dari Allah bagi hamba yang percaya akan keajaiban.

MAU DI TOLONG ALLAH ?

Ada pepatah Arab mengatakan ” Man yazra yakhsud” barangsiapa yang menanam maka akan menuai.”Kaitannya dengan pepatah tersebut, ada satu kisah seorang kakek tua yang menanam pohon, kemudian ditanya, “wahai kakek, untuk apa Anda bersusah payah menanam pohon padahal Anda tidak akan menikmatinya kelak. ” Sang kakek pun menjawab dengan bijaksana,”Saya memang tidak akan merasakannya untuk saat ini, namun hal ini kelak akan menjadi penolong saya. Dengan memberi manfaat kepada orang lain sebenarnya saya juga memberi manfaat kepada diri saya sendiri.Saya yakin bahwa Allah akan memberikan balasan yang lebih baik dari apa yang saya tanam.”

“Allah selalu menolong orang selama orang’ itu selalu menolong saudaranya( semuslim). (HR.Ahmad)

Dari hal ini bisa kita petik pelajaran agar senantiasa menanamkan dalam pikiran kita bahwa jika kita menolong dan membantu orang lain, sebenarnya kita sedang mengusahakan agar pertolongan Allah datang pada kita.Apalagi kalau yang kita tolong dari kalangan orang-orang yang lemah.Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Tiadalah kamu mendapat pertolongan (bantuan) dari rezeki kecuali karena orang orang yang lemah dari kalangan kamu.(HR.Al Bukhari)

Dalam hadits riwayat Ibnu Abi Addunia dan Asysyihaab ditegaskan, “Pertolonganmu terhadap orang lemah adalah Sodaqoh yang paling Afdhal.

MasyaAllah, Allah telah memberikan kelebihan bagi orang-orang yang lemah yang mungkin tidak diberikan kepada selain mereka.Keikhlasan mereka menjadi do’a do’a mereka mustajab(dikabulkan).
Bisa jadi, kita mendapatkan pertolongan dan kemudahan dari Allah karena do’a do’a yang dipanjatkan oleh orang orang lemah yang kita berikan pertolongan.

NAMAMU DALAM DO’A-DO’A MEREKA

“Saat engkau terlelap tidur, boleh jadi pintu pintu langit diketuk oleh puluhan doa yang memohonkan kebaikan untukmu.(Doa itu datang) dari si fakir yang pernah engkau tolong, dari orang yang lapar yang pernah engkau beri makan, dari orang sedih yang pernah engkau bahagiakan, dari orang yang pernah berpapasan denganmu dan kau beri senyuman untuknya, atau dari orang yang dihimpit kesulitan yang telah engkau lapangkan.Maka janganlah pernah meremehkan sebuah kebajikan untuk selama lamanya. (Ibnul Qayyim)

Kebajikan sekecil apapun jangan pernah diremehkan, apapun kebajikannya itu.Karena kita tidak tahu dengan kebajikan mana Allah akan menolong kita.

YANG MENOLONG, PASTI AKAN DI TOLONG

Rasulullah Saw semasa hidupnya selalu menolong dan meringankan kesulitan orang lain.Maka kita sebagai ummatnya untuk mengikutinya sebagai Uswatun khasanah bagi kita.Apalagi Allah telah memberikan janjinya bahwa yang menolong, pasti akan di tolong oleh-Nya.

Dalam suatu hadits Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan senantiasa membantu kebutuhannya.”(HR.Al Bukhari)

Tidak ada untung dan rugi dalam hal tolong menolong.Karena yang ada keuntungan dan selalu untung ketika kita memberikan pertolongan, jika tidak di dunia pasti di akhirat pertolongan Allah lebih besar, berlipat dan dahsyat.
Maka, bantulah orang lain, Allah akan menolongmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
WhatsApp us