Bacaan Doa Saat Masuk Rumah, Ini Fadhilahnya

Setiap muslim sangat dianjurkan membaca doa saat masuk rumah. Berikut bacaan doanya dan fadhilah-nya (keutamaan).

Dari Abu Malik Al-Asy’ari ia berkata bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seorang laki-laki masuk ke dalam rumahnya hendaklah ia membaca: ‘ALLAHUMMA INNII AS ALUKA KHAIRAL MAULAJ WA KHAIRAL MAKHRAJ BIMILLAH WALAJNAA WA BISMILLAHI KHARAJNAA WA ‘ALAALLAHI RABBINAA TAWAKKALNAA”. Setelah itu hendaklah mengucapkan Salam kepada keluarganya.” (Hadits Sunan Abu Dawud 4432)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii As Aluka Khairal Maulaj wa Khairal Makhraj Bimillah wa Lajnaa wa Bismillahi Kharajnaa wa ‘Alaallahi Rabbinaa Tawakkalnaa.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah, kami masuk (rumah) dan dengan menyebut nama Allah kami keluar), dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal.” (HR Abu Dawud 4432)

Kemudian mengucapkan salam kepada keluarga-nya atau orang yang berada di dalam rumah.

Keutamaan membaca doa ini dijelaskan dalam Hadis berikut: “Apabila seseorang masuk rumahnya, lalu berdzikir kepada Allah ketika masuk rumah dan makan, setan berkata (kepada teman-temannya), ‘Tiada tempat tinggal dan makanan bagi kalian (malam ini)’.” (HR Muslim 2018)

Selain doa di atas, kaum muslim juga dapat mengamalkan doa ini. Berkata Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Athos, bagi orang yang hendak masuk ke rumahnya, ia mengucapkan Salam dan membaca:

السلام علينا من ربنا تحية من عند الله مباركة طيبة،السلام عليك ايها النبي و رحمة الله و بركاته،السلام علينا و على عباد الله الصالحين

Assalaamu ‘alainaa min Robbinaa tahiyyatan min ‘indillaahi mubaarokatan thoyyibah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan Nabiyyu wa rohmatullaahi wa barookatuh. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihin.

Baca Juga:  9 Ulama Besar yang Menyandang Gelar Syaikhul Islam

Artinya: “Keselamatan atas kita dari Tuhan kita sebagai penghormatan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik. Keselamatan atas engkau wahai Nabi, juga rahmat Allah dan keberkahan-Nya. Keselamatan atas kita dan atas hamba-hamba Allah yang saleh.”

Kemudian membaca Ayat Kursi dan Surat Al-Ikhlas. Maka barangsiapa yang melakukan itu dengan istiqomah, Allah akan menjadikan kebahagiaan antara ia dan keluarganya dan melapangkan rezekinya dan tetangganya.

Baca Juga: Baca Doa Ini Saat Masuk Rumah, Rezeki Lancar dan Keluarga Harmonis

(rhs)

Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop